Monday, May 16, 2016

Brent: Harga Minyak telah tumbuh minggu ini

Analisa fundamental untuk 16/05/2016

Harga minyak bisa mencapai tertinggi baru tahunan

Meskipun ada pengambilan keuntungan parsial di posisi buy pada Jumat lalu, yang menyebabkan penurunan kecil dalam harga minyak berjangka (futures minyak Brent di ICE Futures Europe turun 0.5% ke 47.83), tetapi harga minyak naik pekan lalu.

Kenaikan harga minyak disebabkan oleh data pasar tenaga kerja AS yang buruk, yang dirilis pada awal bulan ini dan kebakaran di provinsi Kanada Alberta. Diduga, beberapa perusahaan Kanada telah mengurangi produksi minyak di wilayah itu sebesar 1.6 juta barel per hari, yang merupakan lebih dari 1% dari total pasokan dunia.

Minggu lalu harga minyak mentah Brent naik 5.4%. Kamis lalu harga mencapai tertinggi 6-bulan barunya.

Menurut perkiraan terbaru yang dikeluarkan oleh Departemen Energi AS, pada 2014, harga minyak bisa meningkat hingga 141 USD atau bahkan sampai 252 USD per barel.

Menurut Badan Energi Internasional (IEA), pasokan minyak mengalami penurunan, sementara permintaan minyak meningkat. Fakta ini juga mendorong kenaikan harga minyak pekan lalu.

Menurut perkiraan IEA dalam 6 bulan depan tahun ini cadangan minyak di dunia akan berkurang 200.000 barel terhadap kenaikan 1.3 juta barel per hari pada 6 bulan pertama tahun ini. Permintaan minyak akan naik sebesar 1.2 juta barel per hari pada akhir tahun ini.

Cadangan minyak dan produk minyak di Amerika Serikat turun 3.41 juta barel pekan lalu terhadap proyeksi kenaikan 714.000 barel. Fakta ini menambahkan momentum kenaikan harga minyak.

Pada hari Senin, harga minyak mentah Brent terus meningkat pada pembukaan sesi Asia.

Kalender ekonomi adalah lancar hari ini. Pada hari Rabu di (16:30 GMT + 2) Departemen Energi AS akan mengeluarkan laporan persediaan minyak. Jika persediaan menurun, maka harga minyak akan terus tumbuh. Kenaikan harga minyak akan kemungkinan rendah untuk mencapai kesepakatan pengurangan produksi minyak antara negara-negara penghasil minyak, mengingat harga minyak yang mendasar dan latar belakang berita kenaikan harga minyak akan terus berlanjut.

No comments:

Post a Comment